Cara Menanam Dan Merawat Bunga Gardenia

Cara Menanam Dan Merawat Bunga Gardenia

Florist Di Jakarta Barat – Gardenia dikenal secara internasional karena aromanya yang manis dan kelopak lilin yang indah. Bunga cemara ini memiliki dedaunan hijau tua yang sangat berkilau. Hasilnya, mereka pasti menarik perhatian semua orang, karena mereka adalah semak hias yang sangat populer.

Meskipun bunga ini relatif mudah tumbuh, mereka membutuhkan tukang kebun untuk mengikuti langkah-langkah tertentu agar bisa berhasil menumbuhkan gardenia.

Apakah Anda tertarik untuk menabur kacapiring dan memenuhi taman dengan bunga-bunga ini? Teruslah membaca artikel ini!

Fakta Dasar tentang Tanaman Gardenia

  • Nama ilmiahnya adalah Gardenia augusta. Mereka termasuk dalam keluarga tanaman kopi Rubiaceae.
  • Meskipun mereka asli Afrika Selatan, Cina, Taiwan, dan Jepang, saat ini mereka dapat dibudidayakan di seluruh dunia.
  • Menurut Departemen Pertanian AS, jenis bunga ini akan tumbuh subur di zona 8 hingga 12. Namun, mereka juga bisa ditanam di dalam ruangan.
  • Kelopaknya bisa berwarna putih atau kuning.
  • Beberapa orang mengacaukannya dengan bunga melati.
  • Ini adalah semak hias.

Berikut Ini Adalah Cara Menanam Dan Merawat Bunga Gardenia

Cara Menanam Bunga Gardenia

Gardenia akan tumbuh dengan sehat jika terkena sinar matahari penuh. Namun, mereka juga menyukai area yang sebagian teduh, terutama di zona di mana panasnya terlalu kuat selama musim panas. Bunga ini lebih menyukai daerah lembab karena akan berjuang untuk tumbuh di kondisi kering atau di tempat yang sering terjadi kekeringan.

Yang terbaik adalah menabur bunga ini di awal musim gugur atau musim semi. Idealnya, Anda akan mencadangkan area untuk semak ini untuk tumbuh dengan sendirinya, dan akan sangat bagus jika ditanam di tempat tidur yang ditinggikan karena ini akan memberi mereka semua ruangan yang mereka butuhkan.

Ketahuilah bahwa kacapiring senang jika akarnya menyebar ke seluruh tanah; Ingatlah hal ini saat mendesain taman.

Persyaratan Tanah

Bunga ini membutuhkan tanah asam untuk tumbuh subur. Jika tidak yakin dengan jenis tanah yang Anda miliki, belilah kit, karena mudah digunakan dan akan segera memberi tahu Anda apa yang dimiliki tanah Anda dan apa yang kurang.

Kebutuhan Air

Gardenia menyukai air, dan mereka perlu disiram setidaknya satu inci seminggu. Jika air melimpah di tempat tinggal Anda, Anda dapat menambahkan lebih banyak. Namun, pastikan tanahnya memiliki drainase yang baik, karena tanaman ini tidak akan bertahan dari genangan air di sekitarnya.

Mulsa

Terlepas dari berapa banyak air yang mereka terima, kacapiring akan mendapat manfaat dari mulsa. Dengan cara ini Anda akan memastikan tanah lembab dan tanaman aman.

Memberi Makan Gardenia

Jika memungkinkan, beri makan pohon kacapiring dengan pupuk organik. Sebagai alternatif, Anda bisa menambahkan beberapa dosis bubuk kopi ke dalam tanah. Anda bisa membuat kompos terlebih dahulu atau mengaplikasikannya langsung ke tanah.

Pemangkasan

Setiap kultivar gardenia akan menyetujui satu hal: jangan khawatir ketika bunga putih yang indah berubah menjadi sedikit coklat! Ini adalah tanda yang jelas bahwa ada sesuatu yang terjadi pada tanaman, tetapi tidak berarti tanaman tersebut mati.

Sebaliknya, itu hanya meminta perhatian. Jika Anda memangkas ujungnya setelah berbunga, Anda akan mengurangi perubahan warna yang drastis ini untuk musim berikutnya.

Perlindungan Musim Dingin

Menerapkan mulsa diperlukan selama waktu ini, terutama jika Anda tinggal di zona berkebun yang dingin. Sebagai alternatif, tambahkan beberapa kain bernapas yang memungkinkan tanaman Anda menjaga kehangatan di dalamnya.

Gardenia tidak menyukai iklim dingin. Jika ini adalah tempat tinggal Anda, bawalah tanaman kacapiring ke dalam ruangan selama bulan-bulan musim dingin.

Perambatan

Waktu terbaik untuk menyebarkan kacapiring adalah selama musim panas. Potong ujung cabang yang kuat, singkirkan semua mekarnya yang mungkin ada dan buang beberapa daun yang tidak terpakai. Tempatkan di dalam cangkir dan isi dengan air. Ini akan mulai mekar dalam beberapa hari. Potongan ini kemudian bisa ditanam jika sudah cukup lama.

Cara Merawat Bunga Gardenia

Jika tumbuh di dalam ruangan, pastikan Anda meniru kondisi alam. Dengan cara ini, tanaman Anda akan tumbuh dengan sehat. Mereka membutuhkan banyak sinar matahari untuk tumbuh subur, tetapi hindari menempatkannya terlalu dekat dengan pintu atau jendela, karena tanaman dapat terpengaruh oleh angin dingin.

Selama waktu ini, tidak perlu disiram sesering sebelumnya. Faktanya, mereka hanya membutuhkan air sekali seminggu atau lebih, tergantung lokasinya.

Terkadang, gardenia suka memberi tahu kultivar mereka bahwa ada sesuatu yang tidak beres, dan mereka melakukannya dengan berbagai cara. Sebagai contoh:

Daun Kuning

Jika pohon kacapiring ditanam di tanah basa atau tanah liat, mereka akan langsung mengetahuinya. Anda juga akan demikian, karena kelopaknya akan menguning atau terkadang bahkan mendapatkan urat hijau yang melintang. Ini disebut klorosis dan artinya tanaman membutuhkan zat besi.

Jika demikian, pergilah ke pembibitan lokal Anda dan mintalah pupuk organik untuk tanaman ini. Dengan cara ini, Anda akan bisa sedikit mengubah tanah dan tanaman!

Baca Juga : Cara Memilih Bunga Simpati Dan Bunga Duka Cita Yang Tepat

Hama dan Penyakit

Bunga ini sangat rentan terhadap kutu putih dan sisik, dan biasanya ditemukan di bawah daun atau di bagian batang yang hampir menyentuh tanah.

Hama ini mudah dikenali: jika ada cangkang keras berwarna coklat yang tampak tidak bisa bergerak, maka inilah sisiknya. Sebaliknya, jika ada karung telur kapas putih, maka ini adalah kutu putih.

Anda dapat membuat atau membeli sabun insektisida organik yang akan membantu Anda memerangi hama ini.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button